Kembali lagi di Bank Soal, kali ini hasil merangkum untuk pelajaran Bisnis Daring dan Pemasaran Marketing Tentang Analisis Pasar jumlah soal keseluruhan adalah 30 soal pilihan ganda. harapanya semoga bank soal kali ini tetap bermanfaat untuk dijadikan refrensi atau latihan untuk ulangan yang sebenarnya.
1. Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, serta barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Hal ini merupakan pengertian pemasaran menurut ….
A. American Marketing Association
B. Philip Kotler
C. Nystrom
D. W. Y. Stanton
E. John David
2. Suatu penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar disebut ….
A. Lingkungan pasar
B. Karakteristik pasar
C. Analisis pasar
D. Pesaing pasar
E. Riset pemasaran
3. Penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program – program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan disebut ….
A. Inovasi pasar
B. Riset produk
C. Pengembangan produk
D. Manajemen pemasaran
E. Analisis pemasaran
4. Jika kepuasan dan kebutuhan konsumen terpenuhi, maka akan berdampak pada hasil penjualan produknya yang ….
A. Stabil
B. Menurun
C. Meningkat
D. Tetap
E. Defisit
5. Segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan adalah ….
A. Pemasaran
B. Nilai
C. Jasa
D. Transaksi
E. Produk
6. Adanya kegiatan yang ditetapkan oleh perusahaan ketika akan mempromosikan produk atau jasa kepada konsumennya disebut ….
A. Tujuan pemasaran
B. Analisis pasar
C. Ruang lingkup pemasaran
D. Lingkungan pasar
E. Karakteristik pasar
7. Perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya disebut ….
A. Gagasan
B. Nilai
C. Jasa
D. Biaya
E. Pilihan produk
8. Nilai adalah pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan, pemilikan, dan pengguna terendah. Hal ini merupakan pengertian menurut ….
A. Philip Kotler
B. Derose
C. American Marketing Association
D. John David
E. Nystrom
9. Semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu disebut ….
A. Industri
B. Barang
C. Penjual
D. Pasar
E. Pembeli
10. Menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, kinerja, dan pelengkap inovatif yang terbaik merupakan ….
A. Konsep produk
B. Konsep pasar
C. Konsep produksi
D. Konsep pemasaran
E. Konsep penjualan
11. Kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran merupakan ….
A. Konsep produk
B. Konsep pasar
C. Konsep produksi
D. Konsep pemasaran
E. Konsep penjualan
12. Konsumen akan menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan murah harganya merupakan ….
A. Konsep produk
B. Konsep pasar
C. Konsep produksi
D. Konsep pemasaran
E. Konsep penjualan
13. Konsumen, jika diabaikan, biasanya tidak akan membelu produk organisasi dalam jumlah yang cukup. Karena itu, organisasi harus melakukan uasaha penjualan dan promosi yang agresif merupakan konsep ….
A. Konsep produk
B. Konsep pasar
C. Konsep produksi
D. Konsep pemasaran
E. Konsep penjualan
14. Perusahaan – perusahaan yang membantu perusahaan itu dalam promosi, penjualan, dan distribusi barang – barangnya kepada pembeli terakhir disebut ….
A. Perusahaan
B. Pemasok
C. Perantara pemasaran
D. Pelanggan
E. Pesaing
15. Suatu perusahaan berhubungan dengan para pemasok dan para perantara agar perusahaan itu dapat menyediakan produk dan jasa secara efisien kepada pasar sasarannya. Hal ini disebut dengan ….
A. Perusahaan
B. Pemasok
C. Perantara pemasaran
D. Pelanggan
E. Pesaing
16. Perusahaan – perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu disebut ….
A. Perusahaan
B. Pemasok
C. Perantara pemasaran
D. Pelanggan
E. Pesaing
17. Aktivitas pemasaran perusahaan mungkin dipersoalkan oleh organisasi konsumen, kelompok pelestarian lingkungan kelompok minoritas, dan kelompok lainnya. Hal ini disebut dengan ….
A. Masyarakat umum
B. Masyarakat media
C. Masyarakat keuangan
D. Masyarakat pembela kepentingan umum
E. Masyarakat setempat
18. Yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana merupakan masyarakat dalam ….
A. Masyarakat umum
B. Masyarakat media
C. Masyarakat keuangan
D. Masyarakat dalam perusahaan
E. Masyarakat setempat
19. Organisasi yang menyiarkan berita, karangan, dan tajuk rencana merupakan masyarakat dalam ….
A. Masyarakat umum
B. Masyarakat media
C. Masyarakat keuangan
D. Masyrakat dalam perusahaan
E. Masyrakat setempat
20. Penduduk yang berdekatan dengan perusahaan dan organisasi masyarakat disebut ….
A. Masyarakat umum
B. Masyarakat media
C. Masyarakat keuangan
D. Masyarakat dalam perusahaan
E. Masyarakat setempat
21. Kekuatan sosial yang lebih besar yang dapat mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan adalah ….
A. Lingkungan mikro
B. Lingkungan makro
C. Lingkungan teknologi
D. Lingkungan politik
E. Lingkungan tetangga
22. Lingkungan yang terdiri dari kekuatan – kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan adalah ….
A. Lingkungan mikro
B. Lingkungan makro
C. Lingkungan teknologi
D. Lingkungan politik
E. Lingkungan tetangga
23. Terdiri dari pelaku yang ada dalam lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan dan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melayani pelanggannya adalah ….
A. Lingkungan mikro
B. Lingkungan makro
C. Lingkungan teknologi
D. Lingkungan politik
E. Lingkungan tetangga
24. Merupakan organisasi – oraganisasi yang membeli produk dan jasa dengan maksud menjual kembali barang dan jasa itu agara memberikan keuntungan bagi mereka merupakan pasar ….
A. Pasar internasional
B. Pasar pemerintah
C. Pasar penjual kembali
D. Pasar industri
E. Pasar konsumen
25. Merupakan pembeli yang terdapat di luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual kembali, dan pemerintah asing merupakan pasar ….
A. Pasar internasional
B. Pasar pemerintah
C. Pasar penjual kembali
D. Pasar industri
E. Pasar konsumen
26. Merupakan individu – individu dan rumah tangga yang membeli produk dan jasa untuk konsumen pribadi merupakan pasar ….
A. Pasar internasional
B. Pasar pemerintah
C. Pasar penjual kembali
D. Pasar industri
E. Pasar konsumen
27. Merupakan organisasi – organisasi yang membeli produk dan jasa yang dibutuhkan merupakan pasar ….
A. Pasar internasional
B. Pasar pemerintah
C. Pasar penjual kembali
D. Pasar industri
E. Pasar konsumen
28. Merupakan lembaga – lembaga pemerintah yang membeli produk dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum, atau mengalihkan barang dan jasa itu kepada pihak lain yang membutuhkannya merupakan pasar ….
A. Pasar internasional
B. Pasar pemerintah
C. Pasar penjual kembali
D. Pasar industri
E. Pasar konsumen
29. Penawaran dan permintaan akan barang dan jasa di mana produk yang ada di pasar untuk memenuhi kebutuhan daerah adalah pasar ….
A. Pasar lokal
B. Pasar regional
C. Pasar barang
D. Pasar internasional
E. Pasar tenaga
30. Pasar yang melayani permintaan dan penawaran tenaga kerja adalah pasar ….
A. Pasar lokal
B. Pasar regional
C. Pasar barang
D. Pasar internasional
E. Pasar tenaga
Kunci jawaban terletak pada tanda tulisan yang di BOLD atau huruf tebal, dan itulah rangkuman soal dan kinci jawaban untuk pelajaran Bisnis Daring dan Pemasaran Marketing Tentang Analisis Pasa, semoga bermanfaat dan bisa terus untuk latihan.